Seminar Pangan dan Talkshow Agroindustri 2022

Pekanbaru, 10 September 2022 – Seminar pangan dan talkshow agroindustri telah dilaksanakan pada Sabtu, 10 September 2022 yang dilakukan secara offline dan bertempat di Sekretariat BEM Fakultas Pertanian. Seminar pangan dan talkshow agroindustri yang ditaja oleh himateta merupakan program kerja wajib dari divisi FORMATETA (Forum Mahasiswa Teknologi Pertanian) yang dilaksanakan setiap tahunnya. Seminar pangan dan talkshow agroindustri pada tahun ini mengusung tema “Pemanfaatan Pangan Lokal Pengganti Tepung Terigu” yang disampaikan oleh Ibu Emma Riftyan, S.TP., M.Sc.

Indonesia memiliki ketergantungan yang cukup tinggi terhadap terigu sebagai salah satu sumber pangan pokok. Ketergantungan terigu yang cukup tinggi ini membuat volume impor gandum semakin meningkat dari tahun ke tahun. Maka dari itu Indonesia memerlukan pengganti tepung terigu agar dapat mengurangi ketergantungan terhadap terigu. Hal ini memberi kesempatan bagi pangan lokal untuk menggantikan terigu. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam seminar pangan dan talkshow agroindustri 2022 ini membahas bagaimana produktivitas dan potensi dari pangan lokal, diversifikasi pangan dengan pangan lokal, mengenal produk olahan pangan lokal dan mengetahui tantangan pangan lokal.

Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta dapat mengetahui bahwa begitu banyak pangan lokal yang berpotensi sebagai pengganti terigu dan dapat memperluas wawasan seputar olahan pangan hasil pertanian dan meminimalkan penggunaan terigu di Indonesia. (E. RPJ)