Dosen TP Hadiri Pelatihan Asesmen CPL

Pekanbaru, 7 Desember 2022 dosen di lingkungan Jurusan Teknologi Pertanian (TP) menghadiri acara pelatihan asesmen CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) yang diadakan oleh LPPM-P UNRI. Acara dihadiri secara daring bertempat di lantai dua dekanat FP UNRI. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan TP, Kaprodi THP dan TIP, dan tim kurikulum Prodi THP dan TIP.

Pepen Arifin, PhD, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini. Pak Pepen menjelaskan dengan rinci dan terstruktur bagaimana prosedur dalam melakukan penilaian ketercapaian CPL yang telah disusun oleh prodi. Pak Pepen memberikan contoh kasus bagaimana prodi tempat beliau mengajar melakukan kegiatan tersebut.

Kegiatan asesmen CPL penting dilakukan untuk melihat sejauh mana lulusan telah mencapai CPL yang ditetapkan oleh prodi melalui kurikulum. Jika CPL tersebut tidak tercapai, hal ini berguna untuk menjadi evaluasi prodi ke depan. Evaluasi dapat dilakukan baik dari segi pembelajaran pada mata kuliah tertentu yang mendukung CPL tersebut. 

Dengan adanya OBE (Outcome Based Education) yang digalakkan sekarang ini, maka penting bagi prodi untuk melihat apakah luaran yang diharapkan sudah dimiliki profil lulusan prodi. Jika tidak, maka prodi harus terus melakukan perbaikan agar lulusan mencapai apa yang diharapkan.

“Kedepannya Prodi THP dan TIP yang berada di Jurusan TP juga akan mengagendakan untuk melakukan asesmen CPL” ujar Dr. Dewi Fortuna Ayu, S.T.P., M.Si. selaku Ketua Jurusan TP. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kurikulum kedua prodi sehingga terstruktur, terukur, terarah, dan dapat matching dengan kebutuhan masyarakat. (E.RPJ)