Peran Aktif Jurusan Teknologi Pertanian dalam Restrukturisasi Kurikulum Fakultas Pertanian Universitas Riau 2024

Pekanbaru, 26 September 2024 – Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau turut berperan penting dalam kegiatan restrukturisasi kurikulum yang diselenggarakan pada 26 September 2023 di Hotel Asnof, Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan langkah strategis Fakultas Pertanian dalam menyesuaikan kurikulum dengan Kebijakan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) 2024, guna meningkatkan mutu pendidikan serta relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh para ketua jurusan, koordinator program studi, dan perwakilan program studi dari seluruh jurusan di bawah Fakultas Pertanian, termasuk Jurusan Teknologi Pertanian. Ketua Jurusan Teknologi Pertanian beserta tim yang terdiri dari koordinator program studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) dan Teknologi Industri Pertanian (TIP), terlibat aktif dalam diskusi dan pembahasan mengenai penyusunan kurikulum yang lebih adaptif dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Besri Nasrul, SP, M.Si. Dekan Fakultas Pertanian, pada pembukaan acara, menyampaikan apresiasi atas kontribusi aktif dari seluruh jurusan, terutama Jurusan Teknologi Pertanian yang konsisten dalam mendukung pengembangan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan relevansi industri.

 dan di moderator oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Shanti Fitriani, S.P., M.Sc., Narasumber utama pada kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Evi Suryawati, M.Pd. Pada paparannya, materi yang disampaikan mencakup penyusunan Profil Lulusan (PL), Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Bahan Kajian (BK), Mata Kuliah (MK), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan Sub CPMK, yang menjadi komponen kunci dalam struktur KPT 2024.  Selanjutnya juga disampaikan CPL yang mesti ada pada setiap kurikulum prodi yang sebagai keterkaitan dengan Centre of Excellence (CoE) dan Budaya Akademik Amanah, Santun, Responsif, Inovatif (ASRI) UNRI.

Jurusan Teknologi Pertanian memberikan masukan konstruktif terkait dengan penerapan CPL yang spesifik untuk bidang teknologi pertanian, guna menjawab tantangan global dan lokal dalam sektor pangan dan pertanian. Melalui kegiatan restrukturisasi ini, Jurusan Teknologi Pertanian berharap restrukturisasi kurikulum dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, inovatif, dan siap berkontribusi di bidang teknologi pangan dan pertanian secara berkelanjutan. (E.NH AR)