Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian Lulus Review Internal Pada Program Kreativitas Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau Ikut berpartisipasi dalam kegiatan  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024 yang ditaja oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA). Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian yang berhasil lolos review internal di tingkat Universitas dan akan bertanding di tingkat nasional sebanyak 6 kelompok:

  1. Ketua tim Nadia Syahraini (NIM: 2206113124) di bawah bimbingan Erpiani Siregar, S.Pi., M.Si, mengusung judul “Pembuatan Snack Bar Sehat Rendah Gula Berbasis Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) dengan Penambahan Tepung Kulit Buah Naga”. Penelitiannya bertujuan untuk menciptakan alternatif makanan ringan yang sehat dengan menggunakan tepung Mocaf dan tepung kulit buah naga.
  2. Ketua tim Zitni Ilma (NIM: 2206111544) dibimbing oleh Emma Riftyan, S.TP., M.Sc., daengan judul “Uji Efektivitas Edible Film Berbahan Dasar Pati Sagu dengan Penambahan Label Indikator Sebagai Sensor dari Antosianin Kulit Buah Naga (Hylocereus Polyrhizus) sebagai Pembungkus Kulit Ikan”. 
  3. Ketua tim Muhammad Anwar Zein (NIM: 2106113482) di bawah bimbingan
    Imelda Yunita, S.TP., M.P. dengan judul “Sintesis Adsorben dari Limbah Kulit Nanas dan Aplikasinya terhadap Pemurnian Minyak Jelantah”. Anwar berusaha menciptakan adsorben dari limbah kulit nanas untuk membantu dalam proses pemurnian minyak jelantah, mengurangi limbah, dan memperbaiki kualitas minyak.
  4. Ketua tim Imelda Sanita Sitorus (NIM: 2206113514) dengan bimbingan Yossi Kharisma Dewi, S.TP., M.P., mengusung ide “Inovasi Berbasis Jantung Pisang sebagai Biosensor Kesegaran Fillet Ikan Patin”. Imelda berfokus pada pengembangan biosensor menggunakan jantung pisang untuk memonitor kesegaran fillet ikan patin.
  5. Ketua tim Robby Ilham Alfayet (NIM: 2106113627) dibawah bimbingan Rahmadini Payla Juarsa, S.TP., M.Si., mengajukan ide “Perancangan Desain Kemasan Produk Mayones dengan Ekstrak Jahe Menggunakan Metode Quality Function Deployment”. Robby berusaha menciptakan desain kemasan produk mayones yang menarik dan inovatif dengan memanfaatkan ekstrak jahe.
  6. Ketua tim Frizky Kurniawan (NIM: 2106111214) mengajukan judul “Desain Kemasan Produk Yoghurt dengan Bakteri Strain Lactobacillus Plantarum dan Streptococcus Thermophylus Menggunakan Metode Quality Function Deployment” di bawah bimbingan Rahmadini Payla Juarsa, S.TP., M.Si. Frizky bertujuan untuk menciptakan desain kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk yoghurt dan mempertahankan kualitas bakteri probiotik di dalamnya.

Keberhasilan para mahasiswa ini tidak lepas dari dukungan penuh dosen pembimbing dan pihak universitas. PKM menjadi wadah penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kreatif mereka dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. (E. IY)