Teknologi Hasil Pertanian

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau berdiri pada tahun 2003 berdasarkan izin penyelenggaraan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 1193/D/T/2003 tanggal 10 Juni 2003 dan izin perpanjangan program studi No. 4369/D/T/2006.  Pada tahun 2012 melalui Keputusan Rektor No:  401/UN19/AK/2012 status program studi ditingkatkan menjadi Jurusan.  Dengan demikian Program Studi Teknologi Hasil Pertanian berada di bawah Jurusan Teknologi Pertanian.  Saat ini Jurusan Teknologi Pertanian telah mempunyai dua program studi, yaitu Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Teknologi Industri Pertanian.

Visi : Menjadi Program Studi Terkemuka Secara Nasional dalam Bidang Teknologi Pertanian Terapan dan Pengembangan Agroteknopreneurship Berbasis Sumberdaya Lokal pada Tahun 2035.

Misi  :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas bagi mahasiswa THP untuk dapat mandiri dan peka terhadap pengembangan teknologi khususnya di bidang pengolahan hasil pertanian/perkebunan.
  2. Melaksanakan penelitian dan penerapan teknologi yang berbasis sumberdaya lokal, yang sesuai dengan kebutuhan dan dinamika pembangunan di daerah Riau dan pembangunan nasional.
  3. Memberikan kontribusi terhadap perkembangan bidang ilmu THP terutama komoditas perkebunan dan pangan melalui riset dan kegiatan yang kontributif untuk kepentingan masyarakat dan dunia usaha.
  4. Menghasilkan alumni dengan kualitas keilmuan berskala nasional melalui pengembangan intelektual, pelatihan profesional, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan potensi, kebutuhan, dan dinamika pembangunan di daerah Riau khususnya, serta pembangunan nasional.
  5. Menghasilkan temuan yang dapat berperan dalam pengembangan IPTEK dan dapat diterapkan dalam pembangunan guna peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan manusia.