Jurusan Teknologi Pertanian Melaksanakan Workshop Implementasi Merdeka Belajar

Pekanbaru, November 2022 – Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja melalui kegiatan pembelajaran di luar program studi dan kampusnya. Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran. Program Studi Teknik Pertanian menjadikan program MBKM ini untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan yang berguna (link and match) dengan dunia kerja. Jurusan Teknologi Pertanian melaksanakan workshop Implementasi MBKM dengan mendatangkan narasumber dari Universitas Gadjah Mada yaitu  Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.TP., M.Sc yang merupakan sekretaris Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM dan Universitas Padjajaran yaitu dr. Efri Mardawati, S.TP., M.T yang merupakan ketua program studi teknologi Industri Pertanian Unpad. Workshop ini dilaksanakan pada 05 November 2022 di The Zuri Hotel secara hybrid via zoom meeting

Workshop Implementasi MBKM melibatkan seluruh dosen, staff dan perwakilan mahasiswa dari BEM  yang ada di Jurusan Teknologi pertanian yaitu prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Prodi Teknologi Industri pertanian serta juga mengundang Jurusan yang ada di Fakultas Pertanian UNRI. Kegiatan ini di ketuai oleh kaprodi TIP, Dr. Vonny Setiaries Johan, S.TP.MT. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Shanti Fitriani,SP,MSc dan di moderatori oleh Dr. Yusmarini, S.Pt., M.P. kegiatan berlangsung dengan baik dan banyak diskusi yang terjadi. Beberapa poin penting yang menjadi bahan diskusi pada adalah terkait program-program yang ditawarkan pada MBKM, teknis rekognisi dan konversi mata kuliah pada skema MBKM yang ditawarkan berupa freeform, structure form dan combine form. Narasumber memaparkan skema MBKM yang telah berjalan pada unit kerja mereka dan bagaimana proses, kendala dan penyelesaian dari MBKM yang mereka jalani. “Perlunya tindak lanjut dari kegiatan workshop ini, dukungan dan keterlibatan penuh dari semua unsur pada jurusan dan program studi untuk keberhasilan program MBKM” disampaikan moderator pada sesi penutup kegiatan. (E. NH AR)