Jurnal Sagu Bersiap Tingkatkan Kualitas

Jumat, 18 November 2022 bertempat di Hotel Royal Asnof Pekanbaru, diadakan kuliah umum dalam rangka peningkatan kualitas jurnal di Fakultas Pertanian (FP) Universitas Riau. Acara ini digagas oleh FP UNRI dan dihadari oleh pengelola jurnal yang ada dilingkungan FP, tak terkecuali pengelola Jurnal Sagu.

Tim Jurnal Sagu yang terdiri atas Ketua Dewan Editor, Dr. Shanti Fitriani, S.P., M.Sc, dan anggota meliputi Angga Pramana, S.P., M.Sc, Yossie Kharisma Dewi, S.TP., M.P., Yanti Nopiani, S.TP., M.Sc, Rahmadini Payla Juarsa, S.T.P., M.Si, dan Nur Hasnah AR, S.TP., M.Si turut hadir pada acara tersebut.

Sagu merupakan jurnal yang paling tua yang ada di FP UNRI. Sagu merupakan jurnal yang ada di bawah Jurusan Teknologi Pertanian. Sagu sudah ada sejak tahun 2002 dan sejak tahun 2007 mulai konsisten untuk menerbitkan artikel 2 kali dalam setahun. Saat ini Sagu telah terindeks Google Scholar, Garuda, dan ROAD. 

Kuliah umum jurnal menghadirkan narasumber Dr. Afrianto Daud, M.Ed (Editor in Chief International Journal of Educational Best Practices (IJEBP) Universitas Riau) dan Dr. Indra Purnama, M.Sc (Ketua Dewan Editor Jurnal Ilmiah Pertanian Universitas Lancang Kuning). Dari kedua narasumber ini, Sagu banyak mendapatkan insight untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnalnya.

Dalam waktu dekat ini, Sagu berencana akan mengajukan akreditasi SINTA. Selanjutnya setelah itu akan mencoba untuk mengajukan pengajuan indeks global. Terindekanya jurnal yang ada di lingkungan Universitas Riau juga merupakan sumbangsih atas IKU (Indeks Kinerja Utama) Universitas.

Diakhir acara kuliah umum ini, Sagu menandatangani kontrak kerjasama dengan Jurnal Ilmiah Pertanian Universitas Lancang Kuning. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini mampu mempercepat agenda-agenda peningkatan kualitas Sagu yang telah disusun. (E.RPJ)