PPK Ormawa HIMATETA Tahun 2022

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) merupakan program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT (Perguruan Tinggi) yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. HIMATETA merupakan salah satu himpunan mahasiswa yang dipercaya untuk membina desa dengan mengimplementasikan mata kuliah yang telah diajarkan dibangku perkuliahan. Pada PPK Ormawa ini, HIMATETA bekerjasama dengan Kampung Lele yang merupakan sebuah kampung yang terletak di Desa Hangtuah yang dibina oleh PPK Ormawa HIMATETA.

Program ini dilaksanakan mulai dari kegiatan pertama berupa launching program dan survei pada tanggal 18 Juli 2022 hingga penutupan pada tanggal 2 Oktober 2022. Penutupan program ini dilaksanakan dengan makan bersama dengan tokoh-tokoh setempat dan masyarakat-masyarakat yang bekerja sebagai peternak lele. Hingga program ini selesai, semua target telah tercapai dengan maksimal. Seminar budidaya maggot dan pembuatan POC dari air limbah kolam lele, pendirian rumah maggot dan lalat, tempat produksi POC, pengujian elektrolit POC, pengaplikasian POC ke lahan pertanian warga dan adanya buku panduan budidaya maggot dan pembuatan POC merupakan hal-hal yang telah dicapai selama program ini berlangsung.

Berakhirnya program ini yang ditandai penutupan dengan acara makan bersama tokoh-tokoh setempat dan masyarakat-masyarakat yang bekerja sebagai peternak lele tidak membuat program kerja bina desa ini berakhir pula. Hal ini dikarenakan program kerja bina desa ini memiliki potensi berkelanjutan yaitu menciptakan produk khas kampung lele berupa pengolahan maggot dan POC menjadi produk komersial, pelatihan marketing dengan pengenalan sistem pemasaran serta akan semakin luasnya perkebunan di kampung lele. (E.Kominfo Himateta & RPJ)